Peran sosial yang tinggi tidak dapat dikenalkan melalui perwatakan yang SOMBONG.

SOMBONG hanyalah perusak karakter dan penampakan kebobrokan jati diri seseorang.

Orang yang siap SOMBONG juga harus siap direndahkan karakternya dan dijauhkan dari yang selama ini dekat.

Ardhuan_yuananda@yahoo.com

Tuesday, December 4, 2012

Evaluasi Pembelajaran Perspektif Global dalam IPS di SD


A.    HAKIKAT EVALUASI
Dalam kegiatn dan proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran IPS, evaluasi ini merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari seluruh kegiatan. John W. Best (1997:13) mengatakan bahwa evaluasi berkenaan dengan suatu penerapan yang segera harus dilakukan untuk mengungkapkan mutu hasil, proses atau program pendidikan tertentu yang telah disepakati dan ditentukan tujuan atau nilainya.
B.     ASA EVALUASI
1.      Asas Komprehensif atau asas Keseluruhan
Evaluasi harus meliputi keseluruhan aspek pribadi peserta didik (pengetahuan, penguasaan materi, keterampilan, kemampuan berpikir, sikap), dan keseluruhan aspek materi atau pokok bahasan yang disajikan.
2.      Asas Kesinambungan atau Asas Kontinuitas
Evaluasi itu dilakukan secara berkesinambungan dalam proses, mulai dari awal proses, selama proses berlangsung dan pada saat prose situ berakhir.
3.      Asas objektivitas
Evaluasi dilakukan berdasarkan kenyataan apa adanya, tidak diwarnai oleh sifat subjektif terutama dari yang melakukan evaluasi.
C.    FUNGSI EVALUASI
1.      Mengungkapkan penguasaan peserta didik terhadap materi atau pokok bahasan yang telah diperoleh dari proses pembelajaran, yang meliputi pengetahuan, kemampuan berpikir, keterampilan perasaan dan sikapnya.
2.      Menemukan kelemahan-kelemahan materi, metode, media pengajaran, dan tujuan yang telah dirumuskan.
3.      Mengungkapkan terpenuhi atau tidaknya tugas guru dalam melakukan pebelajaran terhadap para peserta didik.
4.      Mengungkapkan tingkat perkembangan peserta didiksecara individual, yang selanjutnya digunakan untuk membimbing pertumbuhan potensi lebih lanjut.
D.    TUJUAN EVALUASI
1.      Membuat laporan prestasi peserta didik berkenaan dengan hasil pembelajaran yang harus diketahui oleh orang tua masing-masing.
2.      Mendapatkan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran terhadap keberhasilan atau ketidakberhasilan kerja dan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran.
3.      Menemukan faktor-faktor pendorong dan penghambat keberhasilan pembelajaran, baik yang dilakukan oleh guru maupun oleh peserta didik.

No comments:

Post a Comment