Peran sosial yang tinggi tidak dapat dikenalkan melalui perwatakan yang SOMBONG.

SOMBONG hanyalah perusak karakter dan penampakan kebobrokan jati diri seseorang.

Orang yang siap SOMBONG juga harus siap direndahkan karakternya dan dijauhkan dari yang selama ini dekat.

Ardhuan_yuananda@yahoo.com

Tuesday, December 4, 2012

Model Pembelajaran Perspektif Global dalam IPS SD

Dalam kehidupan manusia, banyak masalah yang menunjukkan pertentangan (controversial) dsatu kenyataan dengan kenyataan lainnya. Dapat kita amati bersama dari tempat tinggal masing-masing (lokal), tingkat wilayah yang lebih luas (provinsi), antar wilayah negara (antar regional), sampai ke tingkat dunia (global)
Dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran IPS, dan lebih khusus lagi tentang pembelajaran masalah – masalah controversial dalam konteks prespektif global ada empat komponen yang harus diperhatikan. Empat komponen tersebut meliputi materi (pokok bahasan), proses pembelajaran, dan hasil atau produk yang akan dicapai (tujuan), serta teknik evaluasi sebagai kulminasinya.
A.    MATERI ( POKOK BAHASAN )
Berbicara tentang sumber materi, khususnya tentang masalah controversial, pertama yang harus kita lakukan selaku guru IPS harus mengacu pada kurikulum yang berlaku. Apakah ada pokok bahasan atau subpokok bahasan tentang masalah-masalah controversial dalam kurikulum itu? Kalau sudah ada, berrapa luaskah materi tersebut?
B.     PROSES PEMBELAJARAN
Proses pembelajaran yang akan ditempuh dan dilaksanakan, tidak dapat dilepaskan dari materi yang akan dibahas, dan produk atau tujuan yang dicapai. Oleh karena itu, metode dan strategi yang akan diterapkan serta media pengajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, harus sesuai dengan sifat materi dan tujuan yang akan dicapai.
C.     TUJUAN YANG AKAN DICAPAI
Benjamin S. dan kawan – kawan (1965), dalam bukunya yang berjudul (Taxonomy of Educational Objectives) menemukan tiga aspek perilaku yang menjadi tujuan pendidikan dan pengajaran, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
D.    TEKNIK EVALUASI
Teknik evaluasi meliputi non-tes dan tes. Evaluasi non-tes, meliputi penilaian kegiatan tugas dan penampilan, tugas observasi, mengumpulkan data dan bahan harus kita nilai. Evaluasi tes, baik lisan ataupun tertulis. Tertulis meliputi bentuk esai dan objektif.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRESPEKTIF GLOBAL
1.      Memperhatikan hakikat dasar mental yang melekat pada diri tiap individu siswa yang meliputi :
a.       Dorongan ingin tahu yang harus dilayani dan dikembangkan
b.      Minat terhadap sesuatu, khususnya terhadap pokok bahasan yang disajikan
c.       Dorongan ingin membuktikan sendiri apa yang dipelajari dalam kenyataan dilapangan
d.      Dorongan ingin menemukan sendiri hal-hal yang dipelajari di lapangan, dalam kehidupan praktis
2.      Memperhatikan asas-asas pembelajran yang meliputi
a.       Dari yang telah diketahui kea rah yang akan diketahui
b.      Dari yang mudah ke arah yang makin sukar
c.       Dari yang dekat kea rah yang makin jauh
d.      Dari yang konkret kea rah yang makin abstrak
KONSEP
Dalam prespektif global, ada beberapa konsep yang dapat diketengahkan antara lain saling ketergantungan, perdamaian, kesejahteraan bersama, dan lain sebagainya.
1.      Pembinaan Konsep
Pembinaan konsep dapat diartikan sebagai proses pengajaran aspek konotatif konsep – konsep. Proses ini membutuhkan waktu lama untuk memperkenalkan konsep kepada kepada para siswa dalam berbagai kesempatan sehingga siswa dapat menemukan sendiri keragaman konotasi dari suatu konsep.
2.      Strategi Pembinaan Konsep
Dalam Strategi Pembianaan Konsep, proses pembelajaran itu secara dominan diarahkan pada penguasaan suatu kata atau suatu ungkapan sampai terjadi pola pengertian abstrak atau konsep dalam diri  yang mempelajarinya, disini berarti dalam diri siswa.
3.      Kegiatan Proses Belajar Mengajar
Dengan memperhatikan hakikat dasar mental anak (rasa ingin tahu, minat, rasa ingin membuktikan kenyataan, dorongan ingin menemukan sendiri) yang menjadi modal bagi si anak dan guru dalam proses pembelajaran.

No comments:

Post a Comment