Dalam teori mastery
learning , Boom menolak anggapan adanya murid uang pintar dan bodoh. Murid
hanya dibedakan dari yang cepat dan lambat. Selain itu menurut teory mastery
learning tersebut bahwa “ semua yang dapat dipelajari oleh orang lain bisa dipelakari
oleh siapapun” ( J. Galen Saylor ). Dari kedua konsep tersebut dapat
ditafsirkan bahwa sesungguhnya setiap orang bisa dan mempunyai kemampuan untuk
mempelajari apapun , dam hanya waktu yang bisa membedakan .
Prinsip Mastery
Learning melahirkan berbagai bentuk belajar mandiri. Malcom Kowles ( 1975,
h.180 ) menggambarkan bahwa belajar
mandiri menekankan pendidikan pada “ inisiatif individu dalam belajar “. Belajar mandiri adalah suatu kondisi dimana seseotang
mengambil inisiatif dengan atau tanpa bantuan orang lain , baik dalam
mendiagnosis kebutuhan belajarnya,
menemutunjukkan sumber manusia dan sumber bahan untuk kepentingan belajarnya ,
serta memilih dan melaksanakan strategi belajar yang cocok serta mengevaluasi hasil belajarnya “Bruce Miller ( 1989,h.226 )
menjelaskan bahwa “ belajar mandiri
adalah cara belajar yang sepenuhnya atau sebagian besar dibawah kendali murid –
murid itu sendiri “. Cornell Ham mengemukakan
bahwa “ belajar tidak lagi tergantung
pada mengajar , karena ada atau tidak ada proses mengajar , proses belajar
tetap berlangsung . makna dari konsep yang dikandug pada filsafat tersebuta
bahwa murid – murid pada kelas PKR harus dapat belajar secara independen. Untuk lebih produktif dalam belajarnya ,
murid harus dilengkapi dengan berbagai perlengkapan belajar ( lembar tugas dan
lembar kerja murid ) dan sumber belajar ( perpustakaan , benda – benda
lingkungan ) dan sumber lingkungan lainnya. Belajar mandiri merupakan salah satu prinsip dasar
PKR, tanpa belajar mandiri PKR tidak dapat terlakasana secara efektif , guru
harus mampu menciptakan “ kondisi “agar murid dapat belajar mandiri .. kondisi
yang dimaksud adalah dengan perlengkapan dan sumber belajar yang memadai.
A. MENCIPTAKAN
LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Untuk menunjang proses belajar mandiri , perlu
adanya suasana yang mendorong murid dan guru untuk memanfaatkan bahan dan perlengkapan yang ada.
Suasana tersebut adalah adanya persiapan alat / bahan sebagai sumber belajar
dan terciptanya lingkungan belajar untuk menunjang proses belajar mandiri
PKR merupakan model pembelajaran yang berusaha
untuk meningkatkan kualitas belajar murid – murid dengan memanfaatkan sumber
belajar secara maksimal.
B. MELENGKAPI
SEKOLAH DENGAN SUMBER BELAJAR
Sekolah Dasar saat ini sudah memiliki potensi
yang cukup baik untuk menjadi lingkungan sekilah sebagai sumber belajar .
potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran dengan cara
melengkapi berbagai sumber misalnya kebun sekolah, tanaman dalam pot,
peternakan dan berbagai tanaman hias di ruang kelas.
C. MENGEMBANGKAN
PUSAT SUMBER BELAJAR ( PSB )
PSB Yang dimaksud adalah suatu tempat melakukan
berbagai kegiatan belajar murid – murid , dapat berupa ruangan kelas , sudut
ruangan atau tempat khusus yang sengaja dipersiapkan untuk kegiatan belajar ,
oleh karena PSB tempat melakukan kegiatan belajar maka perlu dilengkapi dengan
berbagai perlengkapan dan sumber belajar seperti :
1)
Alat
perlengkapan
Dapat berupa alat peraga, alat bantu belajar ,
alat praktik , dan berbagai benda dan barang
2)
Sumber
belajar
Berupa buku – buku pelajaran , majalah , Koran
, herbarium , insektarium , akuarium, tumbuhan dalam pot, binatang yang
dipelihara dan sebagainya
3)
Media
elektronik
Berupa kaset audio , kaset video, radio , TV
dan lain – lain
No comments:
Post a Comment