Peran sosial yang tinggi tidak dapat dikenalkan melalui perwatakan yang SOMBONG.

SOMBONG hanyalah perusak karakter dan penampakan kebobrokan jati diri seseorang.

Orang yang siap SOMBONG juga harus siap direndahkan karakternya dan dijauhkan dari yang selama ini dekat.

Ardhuan_yuananda@yahoo.com

Tuesday, December 4, 2012

SEKOLAH DAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Dalam teori mastery learning , Boom menolak anggapan adanya murid uang pintar dan bodoh. Murid hanya dibedakan dari yang cepat dan lambat. Selain itu menurut teory mastery learning tersebut bahwa “ semua yang dapat dipelajari oleh orang lain bisa dipelakari oleh siapapun” ( J. Galen Saylor ). Dari kedua konsep tersebut dapat ditafsirkan bahwa sesungguhnya setiap orang bisa dan mempunyai kemampuan untuk mempelajari apapun , dam hanya waktu yang bisa membedakan .
Prinsip Mastery Learning melahirkan berbagai bentuk belajar mandiri. Malcom Kowles ( 1975, h.180 ) menggambarkan bahwa belajar mandiri menekankan pendidikan pada “ inisiatif individu dalam belajar “. Belajar  mandiri adalah suatu kondisi dimana seseotang mengambil inisiatif dengan atau tanpa bantuan orang lain , baik dalam mendiagnosis  kebutuhan belajarnya, menemutunjukkan sumber manusia dan sumber bahan untuk kepentingan belajarnya , serta memilih dan melaksanakan strategi belajar yang cocok  serta mengevaluasi hasil belajarnya “Bruce Miller ( 1989,h.226 ) menjelaskan bahwa “ belajar mandiri adalah cara belajar yang sepenuhnya atau sebagian besar dibawah kendali murid – murid itu sendiri “. Cornell Ham mengemukakan bahwa “ belajar tidak lagi tergantung pada mengajar , karena ada atau tidak ada proses mengajar , proses belajar tetap berlangsung . makna dari konsep yang dikandug pada filsafat tersebuta bahwa murid – murid pada kelas PKR harus dapat belajar secara independen.  Untuk lebih produktif dalam belajarnya , murid harus dilengkapi dengan berbagai perlengkapan belajar ( lembar tugas dan lembar kerja murid ) dan sumber belajar ( perpustakaan , benda – benda lingkungan ) dan sumber lingkungan lainnya. Belajar  mandiri merupakan salah satu prinsip dasar PKR, tanpa belajar mandiri PKR tidak dapat terlakasana secara efektif , guru harus mampu menciptakan “ kondisi “agar murid dapat belajar mandiri .. kondisi yang dimaksud adalah dengan perlengkapan dan sumber belajar yang memadai.

A.      MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Untuk menunjang proses belajar mandiri , perlu adanya suasana yang mendorong murid dan guru untuk  memanfaatkan bahan dan perlengkapan yang ada. Suasana tersebut adalah adanya persiapan alat / bahan sebagai sumber belajar dan terciptanya lingkungan belajar untuk menunjang proses belajar mandiri
PKR merupakan model pembelajaran yang berusaha untuk meningkatkan kualitas belajar murid – murid dengan memanfaatkan sumber belajar secara maksimal.

B.       MELENGKAPI SEKOLAH DENGAN SUMBER BELAJAR
Sekolah Dasar saat ini sudah memiliki potensi yang cukup baik untuk menjadi lingkungan sekilah sebagai sumber belajar . potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran dengan cara melengkapi berbagai sumber misalnya kebun sekolah, tanaman dalam pot, peternakan dan berbagai tanaman hias di ruang kelas.

C.      MENGEMBANGKAN PUSAT SUMBER BELAJAR ( PSB )
PSB Yang dimaksud adalah suatu tempat melakukan berbagai kegiatan belajar murid – murid , dapat berupa ruangan kelas , sudut ruangan atau tempat khusus yang sengaja dipersiapkan untuk kegiatan belajar , oleh karena PSB tempat melakukan kegiatan belajar maka perlu dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dan sumber belajar seperti :
1)      Alat perlengkapan
Dapat berupa alat peraga, alat bantu belajar , alat praktik , dan berbagai benda dan barang
2)      Sumber belajar
Berupa buku – buku pelajaran , majalah , Koran , herbarium , insektarium , akuarium, tumbuhan dalam pot, binatang yang dipelihara dan sebagainya
3)      Media elektronik
Berupa kaset audio , kaset video, radio , TV dan lain – lain

No comments:

Post a Comment